Inilah Cara Simple Merawat Wajah Kering dan Kusam Secara Sehat

Infokuterbit.blogspot.com - Setiap kita memilik jenis kulit dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Anda pemilik kulit kering, memang dibutuhkan cara merawat wajah kering yang tepat agar kesehatan kulit tetap terjaga. Disebut kulit kering karena memang tingkat sebum yang rendah sehingga produksi minyak lebih sedikit dari jenis kulit wajah yang lain yaitu normal dan berminyak.



Dampak negatif yang akan terjadi bila Anda tidak merawat kulit sedini mungkin adalah kulit akan terlihat kusam, pecah-pecah. Yang lebih parah lagi adalah resiko penuaan dini seperti kulit berkerut dan kantong mata akan lebih cepat menghampiri wajah Anda.

Inilah Cara Simple Merawat Wajah Kering dan Kusam Secara Sehat

Tidak perlu kwaktir walaupun jenis kulit wajah Anda termasuk kering karena kelenjar minyak alami tubuh kurang memproduksi minyak agar kelembaban wajah tetap terjaga. Jika sejak dini Anda sudah melakukanmerawat wajah kering dan kusam secara alami dengan tepat, tidak mustahil kulit lembab, sehat, dan kenyal juga dapat menjadi milik Anda.

Berikut ini cara simple merawat kulit kering dan kusam secara sehat :

1. Stimulasi


Untuk menstimulasi kulit wajah agar kelenjar sebaceous penghasil minyak alami kulit bekerja semakin aktif, kulit Anda harus dipijat dengan secara teratur dengan lembut. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit saat melakukan massage ini.

2. Lap lembut


Kulit wajah yang kering memang cenderung lebih sensitif dan cara merawat wajah kusam secara alami adalah tidak menggosoknya keras-keras untuk mengeringkannya sehabis mandi atau mencuci wajah. Anda disarankan menggunakan lap atau handuk lembut dan menempelkannya pada wajah perlahan-lahan.

3. Pelembab

Karena kelenjar minyak tak dapat bekerja secara maksimal, berarti sebagai perawatan luar Anda harus menggunakan pelembab. Jenis pelembab yang sesuai bagi pemilik kulit kering adalah yang berjenis krim karena lebih kaya kandungan minyak daripada yang berjenis lotion. Bila ingin menggunakan bahan yang lebih alami Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Pilih jenis minyak zaitun extra virgin oil yang merupakan ekstrak dari pemrosesan pertama agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

4. Body lotion

Selain merawat wajah dengan krim, jangan lalai untuk merawat kulit tubuh terutama setelah mandi karena kegiatan yang kita lakukan setiap hari ini berpotensi untuk mengeringkan kulit. Oleskan lotion atau baby oil setelah mandi agar kulit tubuh terjaga kelembabannya.

5. Krim malam

Di malam hari saat Anda tengah beristirahat, kulit bekerja untuk melakukan regenerasi sehingga sel kulit baru yang lebih sehat akan terbentuk. Untuk itu sangat penting untuk mengoleskan krim malam sebelum tidur agar proses ini berjalan lebih optimal. Anda dapat menggunakan krim malam dengan bahan dasar susu atau minyak zaitun.

6. Krim anti penuaan

Anda harus waspada bila mulai muncul keriput pada garis senyum, dahi, atau area mata padahal di usia Anda harusnya hal itu belum terjadi. Oleh karena itu gunakan krim anti aging atau anti penuaan semenjak dini untuk menjaga kesegaran dan elastisitas kulit. Ini juga merupakan salah satu cara alami merawat wajah kering dan kusam.

7. Minyak esensial

Jangan lupa untuk mengaplikasikan masker setiap satu atau dua minggu sekali dengan beberapa bahan yang direkomendasikan seperti lidah buaya, madu, yoghurt, atau susu. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial dari bahan sari mawar, Ylang ylang, chamomile, dan cendanan. Bahan-bahan tersebut berkhasiat untuk membuat kulit kering Anda menjadi halus dan lembab.

Demikianlah beberapa cara merawat wajah kering dan kusam secara sehat yang dapat Anda coba di rumah. Perawatan secara rutin akan membuat kulit yang cenderung kering tetap terjaga kelembaban dan kehalusannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel